Monday, January 20, 2014

JADI TONG SAMPAH CURHAT

Assalamu'alaikum

Dalam beberapa minggu belakangan ini, tidak tau kenapa, saya sering dijadikan "Tong Sampah" alias tempat curhat oleh beberapa kenalan saya, mulai dari ABG sampai orang tua. Entah itu masalah mereka sendiri atau masalah orang-orang yang mereka kenal. Ada curhat masalah orang tuanya yang sering melarang-larang, ada yang ceweknya selingkuh, ada yang bilang capeknya ngurus anak, ada tentang masalah menganggur, masalah ini, masalah itu....

Alasan mereka menjadikan saya tempat curhat sangat sederhana.. karena mereka melihat sepertinya saya tidak pernah punya masalah. Ahhh.. andai mereka tau bahwa sebenarnya saya juga mempunyai permasalah sendiri. Saya memang tidak pernah gampang berkeluh kesah kepada teman, bukan karena apa.. saya tahu bahwa tiap orang mempunyai permasalahan sendiri makanya saya takut jika saya berkeluh kesah berarti itu menambah beban pikiran mereka. Dan sebaliknya, jika saya mendapat suatu "keberuntungan", saya tidak akan gembor sana gembor sini.. takutnya orang yang saya kasih tahu justru sedang mengalami ketidak beruntungan, dan lagi supaya menghindari rasa iri dari seseorang. Jadinya saat susah ataupun senang saya cuma berusaha tebar senyuman saja.. Moga-moga nggak dianggap wong gendeng anyaran (meminjam istilah Mas Agus Setya).

Ditambah lagi prinsip saya adalah : pas onok duwek yo mangan iwak petek, pas nggak onok duwek yo cukup mangan iwak tahu.. ora usah ngresulo.. (pas ada uang ya makan lauk ayam, pas nggak ada uang ya cukup makan lauk tahu.. tidak usah menggerutu..)

Menjadi tempat penampungan curhat orang-orang itu ada enak dan tidak enaknya. Enaknya adalah kita tidak perlu berkepo ria agar tau permasalahan orang-orang disekitar kita.. dan lagi itu artinya mereka memiliki kepercayaan kepada kita. Sedangkan tidak enaknya adalah kita mendapat tanggung jawab untuk menyimpan dan membantu menyelesaikan permasalahan mereka. Berat banget lho menyimpan amanat dan rahasia yang dipercayakan kepada kita. Sedikit keceplosan ngomong bisa berabe urusannya.

Sialnya, saya pernah terkena masalah gara-gara urusan curhat ini. Saya pernah dituduh membocorkan rahasia seseorang hingga hubungan kami agak renggang. Usut punya usut ternyata yang membocorkan adalah justru sahabatnya sendiri. Ternyata selain saya, dia juga curhat kepada beberapa orang lain... semprul..

Saya ada saran bagi anda-anda yang sering menuangkan permasalahan anda ke orang lain, tolong jangan mudah curhat permasalahan anda kepada orang lain meskipun itu sahabat atau saudara anda. Jika permasalahan yang anda hadapi benar-benar butuh bantuan pemikiran orang lain, baru anda boleh minta bantuan saran. Jika tidak, pecahkanlah sendiri.

Dan secara kebetulan dari permasalahan yang saya terima, beberapa diantaranya pernah saya jadikan topik postingan di dalam blog SINICHINET ini. Mungkin dari beberapa postingan tersebut ada yang bisa berguna bagi anda.. atau mungkin sekedar dibaca saja....

# Memilih Pasangan Hidup
    Didalam postingan ini saya membahas beberapa kriteria saya dalam memilih pasangan hidup.

    # Masa Pengangguran Dan Mencari Pekerjaan
      Saya bercerita tentang masa-masa menganggur setelah lulus kuliah dan proses pencarian kerja saya.

      Saya mencoba menjelaskan kepada para remaja untuk melihat dari sudut pandang orang tua dengan harapan mereka bisa memahami maksud dari larangan orang tua sehingga tidak terjadi salah penafsiran.

      Saya berbagi tips bagaimana saya menghadapi setiap permasalahan yang timbul dalam kehidupan rumah tangga saya.

      # Kehidupan Seorang Suami / Ayah
      Hanya sekedar bercerita beberapa hal tentang enaknya menjadi seorang suami. Bagi remaja cowok silahkan dibaca.

      # Ikatan Suami Takut Istri
      Mending anda baca sendiri deh......

      Mungkin cukup sampai disini dulu, dan semoga ocehan ngalor-ngidul saya diatas tidak membuat bosan anda-anda semua apalagi sampai membuat anda ingin melempar panci kepada si admin.


      #sruput kopi hitam cap luwak

      Wassalamu'alaikum

      Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "JADI TONG SAMPAH CURHAT" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.