Friday, October 5, 2012

MENGAPA AKU DILARANG? ORTU TIDAK ADIL...

Pernahkah diantara adek-adek merasa bahwa ortu bersikap kurang adil? sering kali melarang-larang kita? terlalu over protective? Orang tua melarang kita pergi padahal kita sudah berjanji kepada teman-teman bahwa kita akan ikut serta. Jika kita tanya "kenapa?" jawabannya hanyalah "pokoknya bla.. bla.. bla" atau bahkan tidak ada jawaban sama sekali. Wuuuiiits... langsung deh bibir jadi tambah moncong 5 senti.

Atau kita ingin berpacaran dengan si "A" tapi ortu tidak setuju.. segera deh ambil bak dan diisi air mata, nangis semalaman. Atau juga harus pulang tidak lebih dari jam 22.00, Whatssss? padahal bintang tamu konser musiknya nya aja baru naek pentas jam 23.00.

Atau mungkin saat dilarang oleh ortu, adek-adek ada pemikiran "aaaah.. jaman remaja ortu dulu kan beda bila dibandingkan jaman sekarang.." Ya pastilah beda banget geetoohh..

Jika iya, saya sarankan tolong segera dihapus pemikiran dan perasaan seperti itu. Lho kenapa?

Dampak negatif dari salah pergaulan atau salah ambil keputusan baik itu jaman dulu ataupun jaman sekarang adalah sama, yaitu MERUSAK MASA DEPAN. Contohnya seperti mulai dari menurunnya nilai pelajaran, hamil diluar nikah, bahkan bisa juga yang terparah : kehilangan nyawa akibat narkoba, kebut-kebutan, atau tawuran.

Pemahaman bahwa ortu tidak adil, over protective, atau nggak gaul itu dikarenakan adek-adek hanya memandang permasalahan tersebut dari sudut pandang "anak" saja, padahal disini ada dua sudut pandang yang berbeda yaitu "anak" dan "ortu". Pernahkan adek-adek memandang dari sudut pandang "ortu"? Mungkin sulit bagi adek-adek jika disuruh memandang dari sudut pandang "ortu" tapi akan saya coba memberi contoh gambaran melalui sudut pandang "ortu" dari pengalaman saya sendiri, seperti di bawah ini :

Pernah anak saya, Sinichi (4 thn), melempar-lempar pasir ke udara sehingga banyak debu beterbangan (Menurut saya hal tersebut berbahaya karena pasir dan debu bisa masuk ke matanya, juga bisa masuk ke paru-paru melalui pernafasan. selain itu bisa mengganggu orang disekitarnya). Saya sudah mengingatkan agar dia berhenti hingga 2 kali, yang ketiga kali saya datangi dia dan saya cubit betisnya hingga dia meringis menahan sakit. Saat malam hari ketika dia sudah tertidur, saya tidak sengaja melihat betisnya tepat dimana saya mencubit tadi tampak berwarna kebiruan. Sontak saya terkejut dan menangis melihatnya. langsung saya peluk dan cium dia. Saya benar-benar menyesal, meskipun tidak saya tunjukkan secara langsung ke Sinichi keesokan harinya.

Atau saat Sinichi bermain bersama teman-teman sebayanya disekitar genangan air, saya spontan melarang dia untuk bermain air yang notabene agak kotor tersebut. Dia menuruti apa yang saya larang. Kala teman-temannya gembira bermain air, dia hanya melihat saja. Sinichi tertawa gembira melihat teman-temannya bermain air sambil menggerak-gerakkan tangannya seolah-olah dia ikut memegang air tersebut. Melihat senyum, tertawa, dan tingkahnya yang polos seperti itu hati saya benar-benar sedih sudah melarangnya untuk ikut bermain air. Saya melirik istri saya, terlihat dari cara istriku tersenyum saat melihat Sinichi, saya yakin kalau dia juga memiliki perasaan yang sama seperti saya... SEDIH. Tapi bagaimanapun juga kami harus melakukannya..

Sebenarnya banyak sekali contoh-contoh gambaran dari sudut pandang ortu yang bisa saya berikan tapi cukuplah 2 hal di atas saja yang saya ceritakan. Nah point yang ingin kami berikan kepada adek-adek semua adalah :

  1. Saat ortu melarang, bukanlah "kekuasaan" atau "keegoisan" yang ingin ditunjukkan, melainkan "kasih sayang", "kekhawatiran", dan "perhatian".
  2. Bukanlah rasa "puas" dan "bangga" yang ortu dapatkan sesudah memberi hukuman kepada anak, tapi rasa "menyesal" dan "sedih" yang didapatkan ortu. Apalagi ketika sang anak menangis, sedih, kecewa, atau bahkan kesakitan akibat hukuman ortu. Tapi ortu harus melakukannya demi kebaikan anak meskipun bertentangan dengan perasaannya.

Apakah adek-adek masih menganggap ortu tidak adil setelah membaca sedikit penjelasan tentang perasaan ortu di atas?

Jika adek-adek menghadapi larangan ortu, yang perlu dilakukan pertama kali adalah diam dan tetap berfikir positif. Lalu pikirkan ulang dengan tenang tentang larangan ortu tersebut. Tapi jika adek-adek terlajur emosi dan marah, segera ingatlah 2 point yang saya sebut diatas. Dan yang terpenting dari semuanya adalah BERDOA. Minta kepada ALLAH agar diberi petunjuk dan bimbingan untuk menghadapi masalah ini, Insyaallah adek-adek akan menemukan jalan keluar yang terbaik.

Baca juga sharing yang lain :
  • Menghadapi Masalah Rumah Tangga klik disini
  • Memilih Pasangan Hidup klik disini
  • Alasan Dibalik Bikin Blog Ini Adalah... klik disini

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "MENGAPA AKU DILARANG? ORTU TIDAK ADIL..." yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.