Wednesday, October 24, 2012

NAFKAH YANG HALAL UNTUK KELUARGA

Kali ini saya ingin sharing salah satu nasihat dari almarhum kakek. Beliau dahulu sering sekali memberi saya nasihat-nasihat setiap kali kami bertemu. Yah walopun banyak dari nasihat-nasihat beliau kala itu tidak langsung terserap di hati dan pikiran saya.. maklum waktu itu masih remaja dan belum merasa perlu :p
Nasihat kakek ini Ringan tapi Berat, Pendek tapi Panjang.. ('.'  )a

Hah?

Mengapa saya katakan Ringan tapi Berat, Pendek tapi Panjang? karena jika hanya diucapkan dan didengarkan aja memang terasa RINGAN dan PENDEK.. tapi sangat BERAT untuk dilakukan dan sangat PANJANG sekali manfaatnya..

Beliau berpesan kepada saya jika kelak saya punya anak-istri berilah nafkah yang halal untuk mereka, karena jika tidak itu sama dengan saya menyuruh mereka makan sebuah bara api......

. . . . . . . . . . . . . . . . . .

kebayang nggak jika kita makan sebuah bara api?

Nasihat kakek benar sekali karena suatu hari saya pernah mendengar ceramah seorang ustad yang menerangkan perihal nafkah yang halal utk keluarga. Ustad tersebut mengatakan selain dari turunan karakter orang tua (karena memang anak adalah salinan "blue print" dari orang tua), karakter anak juga dibentuk dari nafkah yg diberikan orang tuanya kepada mereka. Maka jika ada sikap, karakter/sifat, atau tindakan anak yang membuat orang tua tidak berkenan, disarankan sebelum menegur atau memarahi anak alangkah baiknya orang tua intropeksi dahulu... Apakah ada sifat/karakter tersebut jg dimiliki orang tua, atau dahulu saat masih muda jg pernah melakukan hal yg sama kepada orang tuanya. Setelah itu intropeksi tentang cara mendidik anak sudah benar atau belum.. dan yg terakhir namun tidak kalah penting adalah intropeksi tentang nafkah yg diberikan kepada sang anak itu didapat dengan cara halal atau tidak.... Dengan intropeksi terlebih dahulu, maka orang tua bisa memberikan "rasa marah" dan "hukuman" dengan "takaran" yg tepat kepada anak :)

Menurut ustad tersebut kemudian, jangan kaget kalau sekarang banyak anak-anak yang berani membantah orang tua, berani misuhi (ngumpat) orang tua, pakai narkoba, dsb.. ya karena kita sebagai orang tua tidak memberi nafkah yang halal kepada anak, atau setidaknya terselip (baik disengaja ataupun tidak) nafkah yang tidak halal...


. . . . . Ayo monggo kepada seluruh orang tua, kita belajar bareng gimana caranya agar keluarga kita tidak menyentuh apalagi makan bara api meski itu sekecil apapun . . . . .

Mungkin cukup segini saja sharing saya kali ini. Jika ada dari para sahabat yg ingin menambahi saya persilahkan :)

Artikel menarik lainnya :
  • Menghadapi Masalah Rumah Tangga klik disini
  • Memilih Pasangan Hidup klik disini
  • Mengapa Aku Dilarang Ortu? Ortu Tidak Adil klik disini
  • Alasan Dibalik Bikin Blog Ini Adalah... klik disini

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "NAFKAH YANG HALAL UNTUK KELUARGA" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.