Saturday, September 22, 2012

ALASAN DIBALIK BIKIN BLOG INI ADALAH...

Assalamu'alaikum

"Bikin judul kok ndak jelas!!" mungkin itu yang ada dibenak anda-anda saat membaca posting ini. Ya memang ndak jelas, lha wong saya aja sendiri bingung ngasih judulnya.. tapi biar tidak bingung, penasaran, atau bahkan emosi mungkin lebih baik anda baca dulu saja sampai tuntas. Sekedar sharing ringan saja. bagaimana?

Sekitar 2 mingguan lalu ketika saya jaga warnet SinichiNet, ada pelanggan yang notabene adalah seorang murid salah satu SMP di Surabaya berkata "mas, ajarin aku bikin blog ya.. tugas sekolah nih". Hah?? tugas sekolah katanya? pelajaran SMP?.. ya terkejut juga mendengar bahwa bikin blog itu adalah tugas sekolah SMP. Jika dibandingkan dng jaman saya sekolah dulu ya ndak gitu. Dan langsung aja saya jawab tidak bisa karena waktu itu saya memang belum bisa bikin blog (agak malu juga sih sebenarnya jawab seperti itu).

Lantas apa itu alasan saya segera belajar bikin blog seperti ini? karena malu sama anak kecil? mungkin iya mungkin jg tidak. Yang jelas malamnya saya berpikir, klo pelajaran SMP sekarang aja sudah seperti itu bagaimana saat anak saya SMP kelak? sekedar diketahui saja bahwa anak saya sekarang baru sekolah TK A (tingkat pertama). Nah, mungkin dari sini anda sudah bisa mengikuti hal apa yang menjadi pemikiran saya. Jika saya bertanya, menurut anda kira-kira bagaimana pelajaran anak-anak kita kelak? bagaimana dunia mereka kelak? Apa yang harus mereka hadapi?... bagaimana jawaban anda?

Menurut saya, apa yang saya pikirkan sekarang ini bukanlah suatu yang hiperbola. Bukanlah sesuatu yang dibesar-besarkan. Karena menurut saya ini adalah merupakan bagian dari tanggung jawab kita sebagai orang tua dalam mendidik anak-anak kita. Mungkin sekarang memang ada solusi yang cepat, kita les-kan saja mereka ke lembaga-lembaga bimbingan belajar atau kita panggil saja seorang guru privat. Benar seperti itu? memang cara tersebut bukanlah solusi yang salah.

Coba anda bayangkan dan bandingkan.. saat anak anda ditanya oleh teman atau gurunya "wah bagus sekali! Siapa yang mengajari?". Jika hasil dari anak anda tersebut adalah hasil dari pengajaran atau bimbingan anda, dia bisa dengan bangga menjawab "ayah / ibu saya". sedangkan jika dari pengajaran orang lain, mungkin dia akan menjawab dengan datar darimana atau dari siapa dia mempelajarinya. Anak juga akan semakin dekat dan nyaman berhubungan dengan kita karena mereka merasa bahwa orang tuanya bisa diandalkan. Itu dari sisi anak, lalu bagaimana dari sisi orang tua? Selain rasa bangga, kita juga akan merasa aman karena jika anak membutuhkan informasi atau bantuan, kitalah yang bakal pertama kali mengetahui karena anak akan bertanya kepada kita dulu sebelum dia mencari informasi ke orang atau tempat lain. Jadi kita harus bisa mengikuti perkembangan anak kita meskipun itu dalam hal-hal yang biasanya kita anggap remeh, hobi anak misalnya.

Lantas bagaimana cara kita supaya bisa mengikuti perkembangan anak? ya kita sendiri harus "belajar".. yang saya maksud "belajar" disini adalah belajar dalam arti yang sesungguhnya. Weiitsss.. belajar? mana sempat? berangkat kerja aja jam 7 pagi, sampai rumah jam 5 sore belum lagi kalau lembur. Ya bagaimana lagi, namanya demi anak. Kita tidak perlu belajar semuanya mulai dari A sampai Z. Cukup belajar point-pointnya saja karena setidaknya kita paham apa yang anak bicarakan atau maksudkan.

Tentunya kita tetap harus tahu batas-batas kemampuan, kebutuhan, dan privasi anak kita. Jangan sampai dia merasa dimanjakan atau malah merasa bahwa kita terlalu over protective dan terlalu ikut campur dalam kehidupannya. Kita tidak ingin anak kita menjadi anak manja yang apa-apa selalu tergantung dengan kita. Kita juga tidak ingin anak kita justru menjauh dari kita karena marasa dibatasi.

Wuuiihhh.... lega rasanya telah mencurahkan (dan membagi) uneg-uneg saya. Apa yang telah saya ungkapkan diatas bukan untuk menyalahkan atau mengkritik metode-metode tertentu. Saya hanya ingin membagi apa yang sebelumnya jadi pemikiran saya

(NB : kok saya masih merasa klo judul postingan ini ndak sesuai dengan isi postingannya ya.....)

Wassalamu'alaikum

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "ALASAN DIBALIK BIKIN BLOG INI ADALAH..." yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.