BLOG PRIBADI UNTUK BERBAGI PENGALAMAN

TIPS MENGHADAPI MASALAH RUMAH TANGGA

Assalamu'alaikum

Tidak dipungkiri kalau dalam menjalani kehidupan rumah tangga kadang timbul riak-riak masalah baik itu kecil ataupun besar. kata orang sih itu bumbu kehidupan rumah tangga, tapi kalau tidak tepat penanganannya ntar malah jadi berabe. Ibaratnya kalau makanan jadi terlalu asin atau pedas.. kan jadi tidak enak dimakan.

Nah tips cara menghadapi masalah rumah tangga ini cocok dipelajari terutama bagi pasangan yang baru menikah dan tinggal di pondok mertua indah ( tapi yang sudah lama menikah dan/atau udah punya rumah sendiri juga ndak apa-kok ). Lha pasangan baru kok berantem? ndak mungkin lah.. eiiits.. sapa bilang pasangan baru ndak mungkin berantem? justru pasangan barulah yang rentan terkena masalah, tp bukan bermaksud mendoakan lho ya.. :)

Baca juga :

 Langsung to the point aja ya. So langsung aja cekidot tips-tips nya :

1. PERMASALAH JANGAN SAMPAI KELUAR KAMAR

Usahakan jika ada masalah jangan sampai masalah tersebut keluar dari kamar tidur anda. Dengan kata lain hanya anda dan pasangan anda saja yang mengetahuinya. Orang tua, saudara, apalagi anak-anak anda sebisa mungkin jangan ada yang mengetahui jika anda dengan pasangan anda ada masalah. Bicarakan dan selesaikan permasalahan anda berdua hanya didalam kamar. Disini dituntut kedewasaan anda berdua karena anda harus membicarakan dengan suara dan intonasi yang tidak tinggi serta pengertian dari masing-masing pihak. Juga harus menahan diri agar tidak melakukan kekerasan fisik kepada pasangan. Jangan sampai ada orang ketiga, keempat, kelima, dan seterusnya tahu bahwa anda ada masalah karena (maaf) terkadang saran dari pihak lain justru tidak menyelesaikan masalah malah menambah runyam suasana. 

Lantas bagaimana harus bersikap di luar kamar? bersikap wajar saja seperti tidak ada apa-apa diantara anda berdua. Sulit? tentu saja.. siapa bilang gampang.. kita harus berakting seperti bintang sinetron profesional nih. Meskipun ada rasa marah atau jengkel kepada pasangan, kita harus tetap tersenyum ke dia, ngobrol, belai rambutnya, mijitin dia (uuuughh.. padahal rasanya pingin ngomel-ngomel plus nampar... hahahaha becanda.. becanda..) Tapi dibalik kepura-puraan anda itu ada keuntungannya lho.. seperti apa? melihat pasangan tersenyum, ngambilin kita minum atau makanan, bercanda dengan kita, dsb bisa me-refresh pikiran dan emosi kita. kita bisa melihat kembali sisi positif atau hal-hal baik dari pasangan kita. Itulah salah satu modal awal yang sangat penting.

Lalu anda harus merubah "hati" anda, maksudnya ialah saat dalam proses ber"pura-pura" ini, jika awalnya anda melakukan sesuatu untuk dia dengan tidak sepenuh hati, maka kali ini lakukan dengan sepenuh hati dan ikhlas. Insyaallah dengan begitu kita akan beranggapan bahwa apa yg pasangan kita lakukan untuk kita adalah dengan keikhlasan juga. Hal itu untuk menumbuhkan benih-benih MAAF di hati kita. Setelah itu kita intropeksi diri masing-masing. Coba renungkan sudah benarkah hal yang telah anda tuduhkan ke pasangan anda, dimana letak kesalahan yang telah anda lakukan serta dampaknya untuk pasangan anda. Namun jangan pernah sekali-kali berpikiran untuk mencari pembenaran dan pembelaan diri. Kemudian kita bicarakan kembali baik-baik dengan pasangan kita hingga masalah tersebut tuntas. Jangan lupa berdoa semoga diberi petunjuk oleh Allah jalan keluar yang terbaik.

2. PERMASALAHAN JANGAN SAMPAI KELUAR RUMAH

Namun jika masalah belum sempat terselesaikan dan akhirnya terlepas keluar kamar sehingga orang tua, sodara, atau anak-anak kita mengetahuinya, usahakan jangan sampai permasalahan tersebut keluar dari rumah. Bagaimana caranya?
 Meskipun orang-orang serumah sudah tahu bahwa anda dan pasangan sedang ada masalah, tetap saja anda berdua tidak diijinkan untuk meluapkan emosi seenaknya saja.. jangan lantas berbicara dengan berteriak-teriak, melakukan kekerasan fisik, atau banting barang kanan-kiri ( ada piring terbang, panci terbang, cobek terbang.. ckckckck) Tetap kembali lakukan cara-cara seperti point no.1 diatas. Jika ada saran dan petunjuk dari orang tua dan sodara, jangan diterima dengan mentah-mentah apalagi saran-saran tersebut ada kesan menyalahkan salah satu pihak.. pilah-pilah dengan bijak

3. PERMASALAHAN SUDAH DIKETAHUI PAPARAZI DAN TETANGGA ^_^a

Nah jika memang permasalahan kita udah jadi konsumsi masyarakat alias tersebar ke telinga tetangga-tetangga kita, jangan panik. Jika masalah sudah selesai sih tidak apa-apa.. lha kalo belum?? kembali aja ke prinsip no. 1.. (lagi-lagi no.1... apaan seh penulis ini...) tapi emang benar kan? emang ada untungnya bagi kita jika kita berantem dengan pasangan sambil diliatin orang-orang gitu?

Baca Juga :

aaaaahhhhh.. selesai sudah menulis tipsnya.. jari sampai keriting nih. Tips diatas silahkan dicoba dan diterapkan siapa tahu bisa berguna bagi teman-teman semua (terutama yang sedang menghadapi masalah rumah tangga.. hehehe..)

NOTE : Tips menghadapi masalah rumah tangga diatas adalah komitmen saya dan istri saya yang telah kami bicarakan dan sepakati berdua dari awal menikah dulu. Alhamdulillah hingga sekarang tiap menghadapi masalah hanya sampai point no.1 dan selalu selesai dalam waktu 1-2 hari saja ^_^v

Wassalamu'alaikum


Terima kasih sudah berkenan mampir ke blog sederhana ini. Saya persilahkan jika anda ingin mengkopi artikel "TIPS MENGHADAPI MASALAH RUMAH TANGGA", namun tolong edit ulang terlebih dahulu dan cantumkan link balik ke blog SINICHINET. Saya akan sangat berterima kasih apabila anda berkenan melakukannya.

25 Komentar untuk "TIPS MENGHADAPI MASALAH RUMAH TANGGA"

jadi pointnya tetap no.1 ya sob :)
nice share sob

tips yang bagus tuh sob buat yang sudah berumah tangga :)

iya, sob. selama ini sih berhasil buat saya. moga aja berhasil bagi teman-teman yg lain

bener banget membawa masalah kita ke orang lain bukannya menyelesaikan masalah, melainkan menambah masalah.

aku lakarsantri. link dan follow back sukses sob, silahkan dicek

di peluk aja ntar juga sembuh ahaha.

makasih ya bang masukan ini bermanvaat banget.
jadi belajar dewasa lagi nih.

andai saja semudah itu, jeng tia :P

thanks, sob... ini dari kisah nyata lho wuahahahaha

eh tukar link yuk. aku udah pasang link kmu dan follow blog kamu.

eh sori, sob.. ternyata kita udah tukar link dari dulu :p

izin nyimak dl kawan. soalnya saya blm berkeluarga...:D

monggo.. silahkan.. bisa juga kok diterapkan pada walopun masih dalam tahap pacaran. itung-itung sambil belajar kelak klo udah merit :)

memang susah kalo jarak jauh , tapi kalo deket , dipeluk aja sembuh . (aamiin)
ahaha.

coba ntar ta' praktekin usul kamu ke ibuk'e sinichi klo dia pas marah.. kira2 ntar berhasil ato dia tambah marah... :)

tips tipsnya boleh dicoba hehe
salam kenal

silahkan dicoba, teman.

salam kenal juga :)

permasalahan rumah tangga sebetulnya tidak akan terjadi, walaupun terjadi mungkin akan cepat teratasi dan mudah diselesaikan, JIKA pertama kali saat jatuh cinta 2 insan tsbt mencintai Hanya karena Allah, bukan krn nafsu,harta,tampan,cantik atau yg lain. SETUJU ?

setuju !!

tp jujur lho aku menikahi istriku ini awalnya dulu tanpa rasa cinta.. dulu aku cuma yakin klo dia (istriku sekarang) adalah jodoh terbaikku. cinta sih tumbuh belakangan.

klo berkenan mampir ke postinganku ini deh http://sinichinet.blogspot.com/2012/11/memilih-pasangan-hidup.html

saya suka banget dengan gambarnya nya kang

klw rumah nggak ada tangganya gimana ya ?

klo mslh yg dihadapi maslh uang gmn solusinya,he he

Jangan kebawa emosi.. selesaikan baik - baik tar juga nempel lagi :D

Bagi yang sensitif dilarang komentar di blog ini karena ini blog khusus orang nyantai... woles...
Selebihnya BEBAS !! Komentar OOT pun tidak masalah

Back To Top