Monday, December 31, 2012

MAKANAN PALING NIKMAT DI DUNIA

Tags
Alkisah, ada seorang raja yang mempunyai hobi kuliner. Hampir semua masakan enak sudah pernah ia rasakan, sehingga sang raja mulai merasa bosan. Ia ingin mencicipi masakan yang paling nikmat di dunia sehingga ia akhirnya mengadakan KONTES MEMASAK SEDUNIA. Diundanglah para juru masak ternama di dunia untuk membuat masakan yang paling maknyus. namun hasilnya ternyata mengecewakan. Sang raja tidak menemukan makanan yang enak. rasanya standart sehingga raja mengumumkan pembatalan kontes sebab tidak ada pemenang.

Tiba-tiba ada seorang kakek tua mengajukan diri. Ia mengaku bisa menciptakan masakan paling nikmat di dunia. Tapi sang kakek mengajukan syarat. Karena begitu specialnya, masakan itu harus dimasak dan dimakan di atas gunung. Sang raja juga tidak boleh dibantu seorangpun dalam mendaki gunung. Semua syarat tersebut disetujui raja.

hikmah islami, makanan, raja, koki, lapar, lapar ternikmat, islam, cerita islam, sinichinet
sumber gambar : resepmasakanterbaru.com
Esok pagi harinya, Sang raja dan kakek berangkat mendaki. dalam pendakian, sang raja harus bersusah payah karena tidak boleh dibantu oleh pengawalnya. Beberapa kali ia berhenti karena kelelahan, tapi rasa penasaran terhadap makanan yang dijanjikan sang kakek mendorong raja untuk terus mendaki. Menjelang siang, mereka berdua sampai di puncak gunung. Raja sudah tak sabar dan sangat lapar. Kakek tua menyuruh raja istirahat, sementara ia menyiapkan makanan. 30 menit kemudian tersajilah semangkuk sup.

"Silahkan paduka menikmatinya" sang kakek menawarkan hasil masakannya.

Dengan lahap raja menghabiskan sup itu. Sungguh, baru kali ini ia menikmati sup senikmat itu. Setelah habis, sang rajapun bertanya, "Sup apa ini? Rasanya luar biasa."
"Hanya sup jamur bisasa, paduka." jawab sang kakek.
"TIDAK MUNGKIN !! Bagaimana bisa senikmat ini !?" sanggah raja.
Kakek tersenyum, "Itu karena paduka memakannya ketika butuh, yaitu saat paduka benar-benar lapar. Selama ini paduka makan hanya berdasarkan keinginan bukan karena kebutuhan. Paduka makan hannya karena ingin makan, termasuk ketika paduka masih kenyang. Itulah yang membuat masakan koki istana terasa hambar. Saya membawa paduka ke puncak gunung bukan untuk mencari masakan ternikmat di dunia, tapi untuk mencari rasa lapar ternikmat." tutur sang kakek.

Dari sepenggal cerita di atas, sudah seharusnya kita mengambil hikmahnya. Berhati-hatilah jika kita sudah tidak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan, karena itu bisa memicu ketidak syukuran kita terhadap apa yang telah Allah anugerahkan. Selalu memanjakan keinginan di atas kebutuhan justru akan membuat hidup terasa hambar karena tidak bisa merasakan nikmatnya memenuhi kebutuhan. Hanya memenuhi kebutuhan sewajarnya dan berbagi dengan sisanya, akan membuat seseorang lebih menikmati sesuatu meski sesuatu itu adalah hal yang sederhana.

Sumber referensi :
Majalah Nurul Hayat Edisi 100 (Mei 2012)
Rubrik Rehat (Hal 45)

Baca juga artikel HIKMAH lainnya :

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "MAKANAN PALING NIKMAT DI DUNIA" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.