KEUTAMAAN SEORANG IBU DI DALAM ISLAM




Di dalam Islam, orang tua memiliki kedudukan yang mulia terutama kaum Ibu. Rasulullah bahkan telah menegaskan bahwa kedudukan seorang Ibu lebih tinggi dibandingkan kedudukan seorang ayah. Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra disebutkan :
Seorang lelaki datang kepada Nabi SAW dan berkata, "Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku patuhi?", Kata Nabi, "Ibumu", lelaki itu bertanya lagi, "kemudian siapa lagi?", Nabi menjawab, "Ibumu", Lelaki itu bertanya lagi, "Lalu siapa lagi?", Nabi tetap menjawab, "Ibumu", Lelaki itu bertanya kembali, "Kemudian siapa lagi?", Nabi menjawab, "Ayahmu"....

Imam Al Qurthubi dalam tafsirnya menjelaskan bahwa hadist tersebut memberikan penjelasan kepada kita bahwa kecintaan dan kasih sayang seseorang terhadap Ibunya harus tiga kali lipat besarnya dibandingkan kecintaan dan kasih sayang seseorang kepada Ayahnya. Realitas menguatkan pengertian ini :

Pertama : Seorang Ibu dihadapkan pada kesulitan dalam menjalani masa kehamilan. 
Kedua : Kaum Ibu mengalami kesulitan besar ketika menjalani proses melahirkan.
Ketiga : Kaum Ibu menjalani kesulitan saat menyusui dan merawat anak.

sinichinet

Terdapat sebuah kisah yang dinukil dari Kitab Adabul Mufrad yang bisa menjadi sebuah ilustrasi betapa kecilnya jasa seorang anak di hadapan Ibundanya. Berikut kisahnya :
'Sesungguhnya diriku adalah tunggangan Ibu yang sangat patuh. Apabila tunggangan yang lain lari, maka aku tidak akan lari'. Sayup-sayup syair pemuda Yaman itu timbul tenggelam di tengah gemuruh talbiyah. Ka'bah yang suci menjadi saksi bagaimana nafasnya tersengal-sengal dalam lelah lantaran di punggungnya terdapat seorang wanita tua. Pemuda yang baik itu memang sangat mencintai Ibunya sehingga ia rela menjadi tunggangan bagi puncak ibadah wanita yang dicintainya itu. Sesudahnya, diiringi keringat yang bercucuran, pemuda yang baik itu mendatangi Ibnu Umar. "Wahai Ibnu Umar, apakah aku telah membalas budi kepada Ibuku?". Ibnu Umar menjawab, "Engkau belum membalas budinya, walaupun hanya setarik nafas yang Ibumu keluarkan ketika beliau melahirkanmu ke dunia"

Sebagai anak, kita memang tidak mungkin bisa membalas jasa orang tua terutama jasa Ibu kita kepada anak-anaknya, sehingga Islam hanya mengajarkan untuk sedapat mungkin menghormati dan meninggikan kedudukan orang tua dengan melakukan yang terbaik demi kebahagiaan orang tua terutama Ibu kita.

Begitu pentingnya peran seorang ibu sehingga Islam sangat memperhatikan kaum Ibu. Betapa Islam memuliakan mereka dan kita tidak akan menemukan perhatian dan pengayoman kepada kaum perempuan dalam tradisi dan kebudayaan bangsa-bangsa lain di dunia.



Sumber referensi :
Majalah Nurul Hayat Edisi 107 (Desember 2012)
Rubrik 'Hikmah Utama' hal. 6-9

Baca juga artikel HIKMAH lainnya :



Share on Google Plus

About Budy Thobil

Seorang suami dan ayah yang hobi main game dan kegiatan blogging. Terima kasih sudah berkenan mampir ke blog SINICHI-NET yang sederhana ini. Semoga artikel "KEUTAMAAN SEORANG IBU DI DALAM ISLAM" bisa memberikan manfaat untuk anda semua
    Blogger Comment
    Facebook Comment

13 komentar:

  1. iya, ibu yang tak akan pernah hentinya mendukung dan mendoakan kita. saya juga nggak percaya diri saat andai kelak ibu mendahului saya. jangan2 saya yang hidup tanpa doa ibu, bakal melemah dan mudah remuk dikikis budaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seandainya ibu kita kelak mendahului kita, maka kitalah yg ganti berkewajiban terus mendoakan beliau agar semua kesalahan beliau diampuni dan ditempatkan di tempat yg terbaik di sisi Allah.. bukan begitu, kang zach :)

      Delete
    2. benar sekali. itu sangat ideal dan menjadi kewajiban bagi kita. saya masih egois ternyata. makasih atas masukan indahnya.

      Delete
    3. eeeehhh.. saya tidak memasukkan indah, kang zach.. perasaan dari tadi tidak ada yg bernama indah...

      #clingak-clinguk cari si indah

      Delete
  2. saya juga pernah mebuat posting syuga dibawah telapak kaki ibu
    tapi ironisnya jaman sekarang banyak anak yg tidak bisa menjaga ibunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. uuuuuughhh.. saya tertusuk tepat di hati nih.. krn saya juga merasa sbg salah satu anak yg kurang menjaga ibunya... :p

      ya semoga kedepannya kita bisa membahagiakan kedua orang tua kita, mas reo

      Delete
    2. miris banget cerita bang reo

      ya semoga kita bisa membahagiakn orang tua kita .

      Delete
  3. postingan yang menarik gan, ibu adalah orang yang paling berjasa dalam hidup kita. karena tanpa perjuangan dan pengorbanan ibu kita tdk bs seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  4. tidak heran dan berebihan apabila islam sangat menjunjung tinggi derajat seorang ibu

    ReplyDelete

Bagi yang sensitif dilarang komentar di blog ini karena ini blog khusus orang nyantai... woles... Selebihnya BEBAS !! Komentar OOT pun tidak masalah..

Boleh meninggalkan link tidak aktif / alamat url di kolom komentar untuk memudahkan blogger lainnya berkunjung ke blog/web anda.

Terima kasih sudah berkomentar