Monday, June 27, 2016

ALASAN MENGAPA ISLAM MELARANG MENGKOMSUMSI DARAH

Tags
"Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah dan daging babi dan (daging) hewan yang disembelih dengan (menyebut nama) selain Allah. Tettapi barang siapa terpaksa (memakannya) bukan karena menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (Q.S. Al-Baqarah: 173)

Hikmah dibalik larangan Allah mengkonsumsi darah sudah muncul selama 20 abad silam. Dengan alirannya, darah membawa vitamin, hormon, oksigen, dan zat-zat seperti protein, gula dan lemak. Semua diserap selama proses pencernaan ke sel. Aliran darah diperlukan untuk mempertahankan kehidupan. Disisi lain darah juga membawa berbagai racun dan produk limbah yang perlu dikeluarkan dari tubuh.

Mengkonsumsi darah akan meningkatkan kadar urea, zat berbahaya yang akan diangkut ke ginjal untuk dikeluarkan dari tubuh. Selain itu, dapat merusak fungsi otak dan bahkan mengakibatkan koma. Karena sifatnya selalu ada senyawa berbahaya dalam darah, bahkan jika diambil dari hewan yang sehat sekalipun.

bukti kebenaran Al-Quran, fenomena alam menarik, fenomena nyata, efek positif membaca al-quran, dampak positif al-quran, kebaikan al-quran, Islam dan Al-Quran, tokoh islam, tentang islam, pelajaran islam, sufi, tokoh aliran Sunni, hikmah Islam, kajian islam, kajian muslim, pengetahuan islam, hikmah utama, mutiara hadists, khazanah, untai hikmah, kisah hikmah, cermin agama, nuansa qalbu, unik, kesehatan dampak negatif minum darah, efek negatif, dilarang minum darah
Terlebih lagi darah bukan lingkungan yang steril, dengan kata lain sagat ideal bagi kuman untuk tumbuh karena mikroba memiliki peluang besar untuk memberi makan darah, itu merupakan lingkungan yang ideal bagi mereka.Ketika dalam kesetimbangan dengan fungsi cairan lain dalam tubuh dan sistem kekebalan tubuh, darah tidak mendukung mikroorganisme karena merupakan penyakit.

Pada individu yang sehat, mikroorganisme ini hidup dengan memanfaatkan satu sama lain di dalam tubuh. Ketika ada bagian yang terganggu, maupun keseimbangan internal rusak, mereka dapat berubah menjadi mikroorganisme yang menyebabkan penyakit.

Selain itu darah tidak cocok dijadikan sebagai produk makanan. Tingkat protein yang dicerna seperti albumin, globulin, dan fibrinogin sangatlah rendah, hanya 8 gram dalam 100 ml darah. Hal yang sama berlaku untuk lemak. Darah mengandung tingkat hemoglobin tinggi, protein komplek yang sangat sulit dicerna dan tidak dapat diterima ke perut. Ketika bekuan darah, fibrinogen protein, menimbulkan piring yang mengandung eritrosit (sel darah merah) dengan berubah menjadi fibrin. Fibrin adalah salah satu protein yang paling sulit untuk dicerna, sehingga membuat darah lebih sulit untuk dicerna. Kesimpulan para ahli kesehatan sepakat bahwa darah tidak layak untuk dikonsumsi manusia dalam bentuk apapun.

Banyak orang belum mengetahui hikmah dibalik larangan mengkonsumsi darah. Mereka yang beriman dan percaya kepada Allah, mematuhi segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya akan menikmati kehidupan dibawah perlindungan Allah dan rahmat yang tak terbatas serta menjadi orang-orang yang beruntung di dunia dan akherat.

Sumber : Majalah Nurul Hayat 146 Maret 2016

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "ALASAN MENGAPA ISLAM MELARANG MENGKOMSUMSI DARAH" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.