Friday, June 13, 2014

TOOLBAR FREEHAND MX BERMASALAH

Tags
Assalamu'alaikum

Beberapa hari yang lalu ada seorang rekan kerja dari bagian Design melapor bahwa Program Macromedia Freehand MX miliknya bermasalah. Menurut dia program Freehand-nya minta dimasukin ulang serial numbernya. "Oooohhh.. kalau cuma masalah itu sih gampang..." pikir saya kala itu. Segera saya meluncur ke ruangan design lalu segera memasukkan ulang serial number Freehand dan jreeng jreeng... permasalahan selesai.

Tapi begitu dicoba, ternyata ada masalah lain yang muncul yaitu tampilan jendela toolbarnya bermasalah. Toolbar yang muncul hanya berupa kotak kecil tanpa berisi apa-apa, padahal seharusnya berisi banyak fungsi-fungsi yang bisa digunakan dalam bekerja. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar di bawah. Gambar di bawah ini menunjukkan tampilan toolbars yang seharusnya / benar.

aplikasi freehand MX, macromedia freehand, fungsi toolbar tidak tampak, software design, bekerja dengan freehand, design bermasalah, windows 7, windows xp, freehand bermasalah, komputer, software, aplikasi, program, desain, gambar
Tampilan toolbar yang berfungsi baik

Tanpa basa-basi langsung deh saya menuju ke forum Adobe di https://forums.adobe.com untuk mencari jawabannya. Setelah muter-muter disana akhirnya dapat juga solusinya yaitu kita hapus saja 2 file ini : Tools.set dan FHprefs.txt

Untuk menemukan lokasi kedua file tersebut, anda bisa lihat lokasinya di bawah ini :

1. Untuk OS Windows 7
  • C:\Users\[Username]\AppData\Roaming\Macromedia\FreeHand MX\11\English\Settings\ToolBars\Tools.set
  • C:\Users\[Username]\AppData\Roaming\Macromedia\FreeHand MX\11\English\Settings\FHprefs.txt
2. Untuk OS Windows XP
  • C:\Documents and Settings\[username]\Application Data\Macromedia\FreeHand MX\11\English\Settings\ToolBars\Tools.set
  • C:\Documents and Settings\[username]\Application Data\Macromedia\FreeHand MX\11\English\Settings\FHprefs.txt
Pertama-tama tutup dulu aplikasi Freehand MX anda, kemudian hapus kedua file yang sudah saya sebutkan diatas, lalu nyalakan lagi aplikasi Freehand MX anda.

Atau bisa gunakan saja cara lainnya ini : Jika di komputer anda ada 2 atau lebih user account, coba saja menyalakan aplikasi Freehand MX anda di masing-masing user account tersebut. Di salah satu account itu pasti masih ada toolbar freehand yang masih berfungsi dengan baik. Nah anda copy saja seluruh folder ToolBars dan file FHprefs.txt milik aplikasi Freehand MX dari account yang masih baik tersebut dan kemudian pastekan pada file freehand milik account yang rusak. Insyaallah pasti bisa..

Semoga Pengalaman saya diatas bisa membantu teman-teman semua yang memiliki persoalan sama dengan saya.

#sruput kopi

Wassalamu'alaikum

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "TOOLBAR FREEHAND MX BERMASALAH" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.