Saturday, August 31, 2019

Energi - Pengertian, Bentuk, & Perubahan Bentuk.

A. Pengertian Energi

Energi atau tenaga adalah kemampuan sesuatu atau seseorang untuk berbuat, menghasilkan, atau bekerja. Semua makhluk yang hidup selalu membutuhkan energi untuk melakukan setiap kegiatan. Dengan kata lain manusia, hewan, dan tumbuhan membutuhkan energi sebagai sumber tenaga untuk gerakan atau pertumbuhannya.

Baik makhluk hidup maupun makhluk yang tidak hidup memiliki energi, seperti: traktor, mesin pembajak, truk dan masih banyak lagi. Dan pada umumnya memiliki energi yang jauh lebih besar daripada manusia.

B. Bentuk-Bentuk Energi.

Energi terbagi menjadi beberapa bentuk, yaitu:

1. Energi Gerak (kinetik).

Energi dimiliki oleh semua benda-benda yang bergerak, dan energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak disebut dengan energi gerak. Atau dengan kata lain energi kinetik adalah energi yang timbul karena adanya suatu gerakan, contohnya: Angin yang berhembus dan air yang mengalir memiliki energi gerak kinetik.

pengertian energi, bentuk energi, perubahan bentuk energi, pelajaran ipa, ilmu pengetahuan alam, pelajaran sekolah dasar

2. Energi Panas.

Panas ditimbulkan oleh benda yang terbakar, panas juga disebut sebagai kalor. Panas merupakan suatu bentuk energi, contohnya: yang menyala dapat memutar kertas spiral yang bergantung diatasnya, lilin yang menyala tersebut memiliki energi panas.

pengertian energi, bentuk energi, perubahan bentuk energi, pelajaran ipa, ilmu pengetahuan alam, pelajaran sekolah dasar

3. Energi Cahaya.

Energi cahaya berasal dari sinar matahari, sinar matahari memiliki kemampuan untuk membakar sesuatu, contohnya: Selembar kertas / kapas diletakkan dibawah lensa cembung (lup) yang terkena sinar matahari.
Selembar kertas / kapas tersebut dapat terbakar karena cahaya matahari yang dikumpulkan oleh lensa cembung (lup) dapat memanaskan kertas / kapas sampai terbakar.

pengertian energi, bentuk energi, perubahan bentuk energi, pelajaran ipa, ilmu pengetahuan alam, pelajaran sekolah dasar

4. Energi Listrik.

Energi listrik adalah merupakan suatu energi yang dihasilkan oleh arus listrik, arus listrik memiliki kemampuan untuk menggerakkan semua alat-alat elektronik dan motor listrik, contohnya: Lampu listrik, Televisi, Radio, Kipas Angin, Seterika Listrik, dll.

5. Energi Bunyi.

Bunyi ditimbulkan atau berasal dari sesuatu yang bergetar. Getaran yang kuat akan menghasilkan suara yang keras, contohnya: Bom, Halilintar, Petasan, dll. Bunyi yang kuat menghasilkan energi yang besar, selain itu bunyi yang kuat dapat memekakkan telinga, menggetarkan atau bahkan memecahkan kaca jendela. Energi yang ditimbulkan oleh bunyi adalah energi bunyi.

pengertian energi, bentuk energi, perubahan bentuk energi, pelajaran ipa, ilmu pengetahuan alam, pelajaran sekolah dasar

6. Energi Potensial.

Energi potensial adalah energi yang tersimpan dalam suatu benda, contohnya:

  • Ketapel yang terenggang memiliki energi yang tersimpan, dan Energi ini sewaktu-waktu dapat dilepaskan.
  • Busur anak panah yang terenggang juga memiliki energi yang tersimpan.
  • Per yang terenggang juga memiliki energi yang tersimpan.

Dari ketiga contoh diatas memiliki energi yang disebut dengan energi potensial pegas.

pengertian energi, bentuk energi, perubahan bentuk energi, pelajaran ipa, ilmu pengetahuan alam, pelajaran sekolah dasar

7. Energi Kimia.

Energi kimia adalah energi atau tenaga yang tersimpan dalam bahan kimia. Energi kimia ini terdapat dalam berbagai bahan kimia, seperti: aki, baterai, bahan bakar, dan makanan. Hukum kekekalan energi menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan.

pengertian energi, bentuk energi, perubahan bentuk energi, pelajaran ipa, ilmu pengetahuan alam, pelajaran sekolah dasar

C. Perubahan Bentuk-Bentuk Energi.

Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain, contoh:

1. Energi kimia berubah menjadi energi gerak.

Makanan yang kita makan setiap hari mengandung energi kimia. Energi kimia yang ada didalam makanan tersebut mengalami perubahan menjadi energi gerak pada setiap otot dan organ tubuh kita sehingga kita bisa melakukan suatu kegiatan. Selain itu energi kimia pada bahan bakar dapat diubah menjadi energi gerak pada mobil dan semuajenis kendaraan bermotordan bermesin.

2. Energi kimia berubah menjadi energi panas.

Kayu bakar memiliki energi kimia, dan energi kimia pada kayu bakar tersebut diubah menjadi energi panas pada api unggun.

3. Energi listrik berubah menjadi energi cahaya.

Lampu listrik memiliki energi listrik, dan energi listrik ini diubah menjadi energi cahaya. Dengan adanya lampu listrik maka keadaan di lingkungan kita menjadi terang walaupun malam hari.

4. Energi listrik berubah menjadi energi bunyi.

Ketika kita sedang berbicara melalui telepon, akan timbul suatu energi bunyi yang masuk ke dalam telepon, yang kemudian diubah menjadi energi listrik. Dan sewaktu telepon diterima, maka energi listrik diubah menjadi energi bunyi.

5. Energi listrik berubah menjadi energi panas.

Banyak sekali alat-alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik yang diubah menjadi energi panas, seperti: seterika listrik, pemanas air, kompor listrik, dan masih banyak lagi.

6. Energi listrik berubah menjadi energi gerak.

Kipas angin merupakan suatu benda yang membutuhkan arus listrik agar bisa bekerja, dengan kata lain kipas angin memiliki energi listrik dan diubah menjadi energi gerak. Selain itu masih ada yang lain, seperti: alat bor, mesinjahit listrik, motor listrik, dll.

Energi berasal dari berbagai macam sumber, yang antara lain sebagai berikut:

  • Matahari
  • Angin
  • Air
  • Makanan
  • MinyakBumi
  • Batubara
  • Panas Bumi
  • Uranium dan Plutonium.


Rangkuman.

1. Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja.

2. Setiap yang dapat melakukan kerja disebut memiliki energi, baik itu makhluk hidup maupun makhluk tak hidup memiliki energi.

3. Energi memiliki berbagai macam bentuk, yang antara lain:

  • energi gerak (kinetik)
  • energi kimia
  • energi potensial gravitasi
  • energi potensial pegas
  • energi panas
  • energi listrik
  • energi bunyi
  • energi cahaya, dan masih banyak lagi.

4. Energi dapat berubah bentuk dari yang satu menjadi bentuk yang lain.

5. Energi tidak pernah hilang, energi tidak dapat diciptakan dan juga tidak dapat dimusnahkan.

6. Dalam llmu Pengetahuan Alam (IPA) tiap bentuk tenaga satuannya adalah joule atau newton-meter.

7. Energi dapat dirumuskan: gaya x jarak perpindahan benda.

8. Istirahat yang paling sempurna adalah dengan tidur.

9. Air yang dibendung memiliki energi potensial.

10. Untuk memulihkan kondisi tubuh kita, kita perlu makan dan juga istirahat.

11. Makanan yang kita makan setelah dicerna berubah menjadi energi gerak.

12. Dalam melakukan usaha kita membutuhkan tenaga atau energi.

13. Matahari sangat panas, panas matahari kurang lebih 150.000 kali lebih panas daripada panas air mendidih. Energi dari matahari memancar ke bumi sebagai gelombang, dan gelombang tersebut disebut sebagai gelombang elektromagnet.

14. Matahari merupakan sumber energi utama.

15. Energi dapat berubah menjadi bentuk energi yang lain, seperti:
  • Energi kimia berubah menjadi energi gerak
  • Energi kimia berubah menjadi energi panas
  • Energi listrik berubah menjadi energi cahaya
  • Energi listrik berubah menjadi energi bunyi
  • Energi listrik berubah menjadi energi panas
  • Energi listrik berubah menjadi energi gerak.

16. Manusia, hewan, dan tumbuhan membutuhkan energi sebagai sumbertenaga untuk gerakan dan pertumbuhan.

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "Energi - Pengertian, Bentuk, & Perubahan Bentuk." yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.