Tuesday, April 30, 2019

Mengapa Blog Sinichinet Memilih Tema Blog Gado-Gado?

Tags
Saya pernah ditanya oleh seorang teman yang kebetulan blogger juga. Dia bertanya mengapa saya memilih tema blog gado-gado, yaitu blog yang tidak memiliki niche khusus alias isi artikelnya membahas bermacam-macam topik. Lanjutnya, dia berpendapat bahwa blog dengan niche khusus lebih disukai Google dibanding blog gado-gado, sehingga memungkinkan mendapat posisi di halaman pertama SERP (Search Engine Result Page).

Apalagi saya juga seorang Publisher Adsense, dimana konon katanya harga klik CTR iklan-iklan Adsense pada blog gado-gado murah. Beda halnya dengan blog berniche khusus yang menurut para mastah dunia perblogeran memiliki harga klik CTR adsense yang tinggi.

mengapa memilih blog gado-gado, niche blog, tujuan ngeblog, blogging, halaman serp, kemampuan menulis

Jika anda bertanya ke saya apakah yang dijelaskan teman saya tersebut benar atau tidak, akan saya jawab "Saya tidak tahu". Lho kok? Memang saya tidak tahu apa yang diungkapkan teman saya tersebut benar atau tidak karena saya belum pernah melakukan penelitian atau percobaan tentang niche blog dan harga klik iklan Adsense.

Saya pernah mencoba mencari informasi tentang hal-hal tersebut di blog para master namun apa daya otak saya tidak mampu mengolah banyaknya informasi yang dijelaskan oleh para mastah. Sehingga saya hanya mengambil beberapa informasi dasar tentang blog saja.
Mengenai pertanyaan mengapa saya memilih tema blog gado-gado, ada 2 alasan yaitu:
    Saya ini orangnya moody. saya sering berubah suasana hati ketika blogging. bahkan pernah di tengah-tengah menulis artikel tentang gadget, eh tiba-tiba saya ingin menulis tentang komputer. Belum lagi jika rasa malas melanda, alhasil cuma menulis sebuah artikel tentang lirik lagu. Tinggal tulis lirik lagu dan embed sebuah video dari Youtube, lantas ditambahi beberapa keterangan lalu Publish.

    Saya bukan ahli di bidang tertentu. Bisa dibilang inilah alasan utama mengapa saya memilih blog gado-gado. Selama ini, saya mempelajari sesuatu hanya sesuai kebutuhan dan keingintahuan, dan sesudah itu selesai. Saya tidak pernah mempelajari suatu hal secara mendalam. Jadi bisa dibilang "cuma sekedar mengetahui".

    Jika saya membuat blog dengan niche khusus semisal tutorial desain, maka saya harus menguasai semua hal tentang desain. Mulai pemahaman tingkat dasar seperti fungsi-fungsi tombol di Photoshop hingga, mungkin, proses desain yang rumit seperti pecah warna dan selevelnya. Bagaimana dengan saya? kalau tentang desain, paling-paling hingga urusan menggabung beberapa gambar saja.

    Demikian juga jika ingin membuat blog dengan tema Komputer. Waduh ilmu saya tentang komputer juga masih "permukaan gunung es di lautan" saja.

    Ah kan tinggal copy-paste dari blog lainnya dan diubah kata-katanya sedikit..? iya juga sih.. tapi masa' saya mengajari orang lain berenang gaya kupu-kupu padahal saya sendiri cuma bisa sekedar mengapung supaya tidak tenggelam saja?

    Maka dari itu, seperti yang saya bilang di awal, saya bukanlah seseorang yang ahli di  bidang tertentu. Jika saya tetap memaksakan diri untuk menulis blog dengan niche khusus, maka suatu saat saya akan kehabisan bahan dan berhenti menulis. Sebab itulah saya memilih blog gado-gado dibanding blog niche khusus.

    Jika kita membuat blog gado-gado, bagaimana nasib artikel kita? Bagaimana posisinya di halaman SERP? Rugi donk kita menulis sulit-sulit ternyata tidak ada di halaman 5 besar SERP..

    Sekarang tolong anda lihat daftar Artikel Populer saya di Sidebar. Lalu silahkan coba mengetik di search Google menggunakan keyword anda untuk mencari artikel yang tertera disana. Kira-kira artikel saya muncul dihalaman berapa? Kalau masuk halaman 10 besar ya syukur, kalau tidak ya belum rejekinya (^_^)

    Bagaimana dengan hasil Adsense? Syukur Alhamdulillah, bagi saya hingga saat ini hasilnya cukup memuaskan.

    Mungkin inilah beberapa hal yang bisa saya sampaikan, namun saya tegaskan kembali bahwa ini adalah tentang saya pribadi. Setiap orang memiliki kemampuan, tujuan, dan alasan yang berbeda-beda dalam menulis blog. Yang terpenting adalah anda bisa menikmati kegiatan blogging dan mendapatkan tujuan anda. Jadi jangan dibandingkan apple to apple ya.

    Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "Mengapa Blog Sinichinet Memilih Tema Blog Gado-Gado?" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.