Sunday, July 16, 2017

Apakah Ini Pengaruh Dari Perubahan Algoritma Google 2017 : Google Fred?

Tags
Sebenarnya ini berawal dari keingintahuan saya tentang ada atau tidaknya perubahan di dunia blogging dan hal ini bukan tanpa sebab. Saya mendapati suatu fenomena menarik yaitu perubahan besar-besaran jumlah traffic atau pengunjung pada blog gado-gado saya ini.

Kalau boleh saya sedikit bercerita terlebih dahulu, dari awal saya mencoba blogging sekitar tahun 2012 hingga sekarang, ada kalanya saya beberapa kali "cuti" tidak ngeblog dalam beberapa waktu entah itu dikarenakan kesibukan di dunia nyata ataupun karena dilanda rasa malas. Pernah sekali saya vakum dari kegiatan ngeblog, tidak tanggung-tanggung, setahun hanya update 5 postingan saja seperti pada tahun 2015. Tentu saja bisa dipastikan "reputasi blog" langsung hancur di SERP Google dan pengunjung hanya 100-an perhari. Demikian juga pada tahun 2017 ini, dari bulan Januari hingga April hanya ada 1 postingan saja perbulan dan baru update pada bulan Juli ini.

pengaruh algoritma google fred update, dampak negatif google fred, google dance, algoritma terbaru google 2017, penyebab traffic blog turun drastis, pengunjung blog menurun dan berkurang, link masuk, link keluar, internal link, external link

Nah dari pengalaman pribadi saya ngeblog dimana jika kita jarang update maka pengunjung blog kita akan turun drastis, ternyata pengalaman saya tersebut kali ini terbantahkan dengan "data statistik" pengunjung blog. Dengan kondisi "jarang update", jumlah pengunjung blog Sinichinet malah meningkat. Inilah yang membuat saya terheran-heran.

Ketika hingga awal 2017 dulu traffic blog hanya berkisar 100-300 visitor perhari, mulai sekitar maret naik jadi 400-800 visitor perhari. Malahan bulan Juli ini (hingga 16 juli) tercatat diatas 1000 visitor perhari.

pengaruh algoritma google fred update, dampak negatif google fred, google dance, algoritma terbaru google 2017, penyebab traffic blog turun drastis, pengunjung blog menurun dan berkurang, link masuk, link keluar, internal link, external link
Akhirnya saya browsing tentang update terbaru seputar Google dan mampir ke beberapa blog master blogging. Disana saya menemukan informasi bahwa bulan Maret lalu Google mengadakan update algoritma pencarian terbaru yang disebut GOOGLE FRED. Banyak sekali para blogger mengeluhkan bahwa traffic blognya mengalami Google Dance. Ada yang bilang jumlah pengunjung blognya turun drastis dan sebaliknya ada yang bilang malah naik drastis. Alhamdulillah blog Sinichinet kebagian berita positifnya :)

Para master menyebutkan bahwa Google Fred menitik beratkan kepada masalah link baik itu link internal maupun link eksternal (atau setidaknya begitulah kesimpulan saya setelah membaca penjelasan dari para master blog). Bagi saya yang "End User Blogger" ini tentu saja masalah perubahan algoritma dan sebagainya itu sangat membingungkan, walaupun para master blog sudah memberikan cara lengkap dan gamblang untuk mengatasi segala perubahan tersebut. Mungkin kebingungan ini juga dialami oleh banyak rekan-rekan blogger lainnya.

Memang pada akhir 2016 lalu (sekitar Bulan September 2016) ketika vakum ngeblog, saya sempat iseng-iseng melakukan pembenahan blog dengan bersih-bersih sekenanya semua link-link yang ada di blog Sinichinet seperti link putus pada kolom komentar, menghilangkan kolom tukar link, juga menghilangkan beberapa widget yang nyata-nyata memberikan link keluar seperti Widget Alexa Rank, Widget Flag Counter, Widget SEO Score, Widget Revolver Map, dan lainnya. Mungkin.. dan sekali lagi, mungkin, itulah yang membantu blog gado-gado saya selamat dari Algoritma Fred milik Google.

Jika ada diantara para master blog yang berkenan membantu kami para blogger end user ini untuk mengatasi Google Fred, saya persilahkan memberi bantuan saran dan kritiknya di kolom komentar. Terima kasih.

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "Apakah Ini Pengaruh Dari Perubahan Algoritma Google 2017 : Google Fred?" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.