Sunday, December 29, 2013

MENGENAL RAM (RANDOM ACCESS MEMORY)

Tags
Bagi pemilik komputer pasti mengetahui atau setidaknya pernah mendengar istilah RAM. Biasanya orang cuma menyebutnya memori. RAM (Random Access Memory) terdapat di semua jenis komputer baik itu laptop atau PC. RAM merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki peranan penting dalam kinerja suatu komputer. Jadi meskipun anda hanya sebagai End User (pengguna) saja, namun alangkah baiknya anda juga mengerti tentang RAM meskipun sebatas sekedar mengetahui. Kalau yang tukang utak-atik komputer sih tidak perlu baca artikel ini.. karena ini memang hanya untuk mereka yang end user saja.

#ah dimana sih kopi saya? clingak-clinguk dari tadi kok nggak ketemu..

Apa pengertian, fungsi, dan jenis Ram? Disini saya akan coba menjelaskan secara singkat pengertian dan jenis-jenis RAM.
Pengertian RAM
RAM (Random Access Memory) merupakan merupakan sebuah media penyimpanan data sementara pada komputer. RAM bersifat volatile yaitu ketika tidak ada arus listrik di RAM maka data yang tersimpan akan hilang. Jadi jika komputer dimatikan atau catu dayanya dicabut, maka semua data yang tersimpan di RAM otomatis akan segera terhapus atau hilang.
Fungsi RAM
RAM menyediakan sebuah ruang penyimpanan sementara bagi komputer untuk menyimpan data sehingga mudah diambil dan dapat membantu mempercepat proses loading. Penjelasan singkatnya demikian : ketika komputer bekerja, processor yang berfungsi sebagai pengolah data meminta data dari storage data yaitu hardisk. Namun terdapat kendala dalam penyaluran data dikarenakan terdapat perbedaan kecepatan kemampuan pemprosesan data antara processor dan hardisk. Disinilah RAM memiliki peran penting. Ram membantu processor (yang bekerja super cepat) dalam penyediaan data yang dibutuhkan, jadi processor tidak perlu menunggu kiriman data dari harddisk. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin besar pula data sementara yang dapat disimpan dan disuplay sehingga kecepatan proses komputer pun semakin cepat.

pengertian ram, pengertian memori, apa itu ram, fungsi ram komputer, manfaat ram

Jenis-Jenis RAM
Seperti komponen-komponen lain di komputer, RAM mempunyai banyak jenis. Tapi jangan kuatir.. anda tidak perlu hapalkan satu-persatu kok... bisa-bisa puyeng kepala ini..
Jenis-jenis tersebut antara lain :
  1. RAM : Ditemukan oleh Robert Dennard tahun 1968
  2. DRAM : DRAM (Dinamic Random Access Memory) diciptakan tahun 1970 oleh IBM
  3. FPM DRAM : Ditemukan sekitar tahun 1987. jenis memory ini digunakan oleh sistem berbasis intel 286, 386, dan 486.
  4. EDO DRAM : EDO DRAM (Extended Data Output Dynamic Random Access Memory) ditemukan tahun 1995. Jenis RAM ini digunakan pada generasi komputer Pentium 100.
  5. SDRAM : SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory) adalah jenis RAM yang dapat bekerja pada frekuensi yang sama dengan frekuensi yang bekerja pada processor. Jenis RAM ini banyak digunakan pada komputer generasi Pentium II dan pentium III.
  6. DDR RAM : DDR RAM (Double Data Rate Random Access Memory) merupakan teknologi lanjutan dari SDRAM.
  7. DDR2 RAM : DDR2 RAM (Double Data Rate Generation 2 Random Access Memory) memiliki kecepatan lebih baik dari DDR RAM. Digunakan pada komputer generasi Pentium D, Dual Core, dan Core 2 Duo.
  8. DDR3 RAM : DDR3 RAM (Double Data Rate Generation 3 Random Access Memory) memiliki kecepatan 2 kali lipat dibanding DDR2 RAM.
Menurut saya, meskipun anda hanya sebagai pengguna, anda tetap harus mengerti tentang beberapa bagian komputer yang vital. Minimal komponen-komponen yang biasanya disebut sebagai spesifikasi komputer dalam proses jual-beli komputer seperti processor, hard disk, dan RAM. Dengan mengetahui pengertian dan fungsi komponen-komponen tersebut anda tidak akan bingung saat akan membeli komputer, dan juga untuk menghindari penipuan.

Demikian artikel singkat tentang Mengenal RAM (Random Access Memory). Semoga bermanfaat.

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "MENGENAL RAM (RANDOM ACCESS MEMORY)" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.