Thursday, September 26, 2013

HOBIKU

Assalamu'alaikum

Kalau ngomongin masalah hobi, pasti nggak ada habis-habisnya. Ada yang hobi mancing, hobi main sepak bola, hobi cosplay, hobi naik gunung, hobi naik tower (plaaak.. dibalang sandal kang Rawins), bahkan ada juga yang memiliki hobi ekstrem yaitu hobi gonta-ganti pacar (tolong untuk jenis hobi yang terakhir jangan sebut nama saya ya).

Terkadang hobi yang kita miliki kerap dianggap aneh oleh orang lain. Seperti hobi mancing, bagi orang yang tidak suka mancing pasti heran melihat orang mancing. Lha wong orang mancing itu kelihatannya memang aneh, hampir seharian nongkrong di pinggir kolam atau sungai sambil merokok atau bahkan seperti orang melamun persis kayak orang kurang kerjaan. Tapi bagi penggemar hobi mancing, mereka melihat dari sudut pandang yang berbeda. Demikian juga yang saya alami. Saya sukanya main game. Saya sering dianggap aneh oleh orang-orang yang bukan gamer. Banyak orang bertanya apa sih enaknya  main game.. hehehe. Selain hobi main game, saya juga hobi baca komik dan nonton film kartun. Mungkin terlihat kekanak-kanakan tapi kalau menurut saya sih ya tidak juga.

Saya hobi main game itu semenjak saya kecil. mulai dari jamannya Game Watch, Atari, Nintendo, bahkan Ding Dong.. tinggal masukkan koin Rp 100.. mak cemplung.. langsung maen deh. Ndilalah lha kok hobi main game saya diturun oleh anak saya Sinichi. Mulai umur 2 tahun dia udah mulai maen game. Tentu saja dengan kondisi yang berbeda dari jaman saya dulu. Kalau dulu saya pake Game Watch, sekarang dia pake tab Android, kalau dulu saya pakai Ding Dong, sekarang dia pakai PC.. saya sampai iri kenapa jaman dulu kok nggak ada android ama PC kayak sekarang ini T.T #sedih..

hobi, game, action figure
usia 3 tahun : main game Spiderman kesukaannya

hobi, game, action figure
usia 4 tahun : bermain Plants vs Zombies di Tab Android bersama saudari sepupunya

hobi, game, action figure
Usia 5 tahun : bermain point blank

Saya sering lawan tanding dengan anak saya baik itu game online seperti point blank, counter strike, lost saga, AVA, atau game-game lainnya. Kita juga bersaing di game Dragon City (game yang ada di facebook).

Dan sekarang saya dan Sinichi punya hobi baru nih.. ngumpulin action figure dari tokoh-tokoh komik (manga) atau film kartun (anime) seperti Naruto, Dragon Ball. Bleach, One Piece, dan para konco-nya.

hobi, game, action figure
Action figure Naruto dan Minato (tampak depan)
hobi, game, action figure
Action figure Naruto dan Minato (tampak belakang)
hobi, game, action figure
Action figure Naruto cs (ukuran kecil)

hobi, game, action figure
Action figure Dragon Ball After Life

hobi, game, action figure
Action figure Dragon Ball After Life
Saya pernah senyum-senyum sendiri saat dulu ada seseorang yang mengomentari hobi anak saya. beliau bilang bahwa maen game itu tidak ada gunanya dan buang-buang waktu. Anak yang suka maen game itu besarnya jadi orang yang malas dan nggak berguna... Waduh.. berarti saya sekarang ini malas dan tidak berguna dong, kan dari kecil saya suka maen game. Dalam hati saya cuma berpikir percuma saja berdebat dan akhirnya saya cuma mengangguk-angguk kecil saja. Padahal sebenarnya di dalam game juga banyak aspek positifnya juga seperti : bisa melatih reflek (game berjenis race dan action), bagaimana mencari problem solving suatu permasalahan (game strategi dan RPG), cara kerjasama dengan rekan (dari game multiplayer), dan banyak aspek positif lainnya.

Jika menurut saya, apapun hobinya sah-sah saja dilakukan asalkan tahu batas-batasnya seperti batasan waktu dan tidak mengganggu kenyamanan orang lain juga batasan-batasan yang lainnya. Dan disinilah peran orang tua sangat diperlukan. Saya sendiri tidak melarang anak saya melakukan hobinya main game, namun juga saya tegaskan kapan dia boleh mulai main dan kapan dia harus berhenti. Lambat laun dia juga mulai paham sendiri kapan waktunya dia harus mengaji, sekolah, les, istirahat, dan bermain. Saya juga sering memberi pengarahan ke dia bahwa beberapa adegan game itu tidak boleh ditiru.

Ya mungkin cukup sekian saja cerita-cerita tentang hobi kami biar tidak ada yang jenuh, eneg, dan mual membacanya hahahaha

Wassalamu'alaikum

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "HOBIKU" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.