Friday, November 29, 2013

MEMBUAT HOBI JADI DUIT

Seperti yang sudah saya ungkapkan sebelumnya di postingan Akibat Pasang iklan Di Blog, saya ingin bagaimana hobi BLOGGING ini bisa menghasilkan duit meskipun itu sekedar recehan. Atau setidaknya "recehan" itu adalah awal dari target saya..

Sebenarnya sih selain hobi blogging, saya juga mempunyai beberapa hobi yang sudah saya 'monetize' walaupun bukan di bidang usaha yang berskala besar. sebut saja hobi utak-atik komputer dan maen game. Kedua hobi tersebut sudah saya 'monetize'kan dengan cara membikin warnet yang semi game online kecil-kecilan, serta jual komputer rakitan. Lumayan kan saya tetap bisa maen game online sepuasnya sambil bekerja menghasilkan uang.

hobi, penghasilan dari hobi, hobi menguntungkan, usaha dari hobi

hobi, penghasilan dari hobi, hobi menguntungkan, usaha dari hobi

Ada juga hobi design, saya 'monetize' dengan cara menyediakan jasa pembuatan kartu undangan dan kartu ucapan selamat. Memang sih undangan yang saya desain bukanlah undangan yang keren abis, hanya sekedar desain sederhana dan seadanya saja.

hobi, penghasilan dari hobi, hobi menguntungkan, usaha dari hobi

hobi, penghasilan dari hobi, hobi menguntungkan, usaha dari hobi

Sekarang tinggal 2 hobi lainnya yang baru saja mulai saya jadikan 'duit' yaitu hobi blogging dan hobi koleksi action figure. Rencananya saya akan jualan action figure secara online. Jika menyangkut penjualan online pasti ada hubungan dengan blog atau website untuk sarana pemasaran. Nah disinilah untungnya saya punya hobi ngeblog hehehe.. ada gunanya juga saya belajar utak-atik template blog dan belajar SEO, walaupun pada awalnya saya ngeblog itu hanya untuk sekedar hobi. Juga mumpung ada jaringan internet di warnet ^_^b

hobi, penghasilan dari hobi, hobi menguntungkan, usaha dari hobi

Jika dilihat sepintas memang sepertinya tidak ada hubungan antara hobi yang satu dengan hobi saya yang lainnya, tapi jika diurut-urut terus ada suatu 'link'yang bisa saling menunjang satu sama lain.

Apa dengan ini saya dikatakan 'manusia matre''? ya nggak apa-apa jika ada yang berpendapat seperti itu... yang penting kan hati senang karena bisa melakukan hobi kita, dan dompet kita pun ikut tersenyum karena dapat duit...

Saya tidak bermaksud mengajak anda menjadi orang matre'.. saya cuma ingin memberitahu saja bahwa melakukan hobi itu tidak selamanya menghabiskan uang. Hobi itu bisa menghasilkan uang, atau setidaknya biarkan si HOBI membiayai kehidupannya sendiri. hahaha...
Mungkin sampai disini saja dulu oret-oretan saya tentang membuat hobi jadi duit

Wassalamu'alaikum

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "MEMBUAT HOBI JADI DUIT" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.