Tuesday, April 28, 2020

Pengertian Dan Contoh Pencemaran Air

Manusia membutuhkan air bersih yang tidak mengandung bibit penyakit dan zat berbahaya untuk kesehatan.

Air yang bersih adalah:
  • Jernih.
  • Tidak Berwarna.
  • Tidak berbau.
  • Bebas dari penyakit.

Sekarang agak sulit mencari air yang bersih karena tercemar oleh beberapa zat atau benda lain. Air yang kotor tercemar oleh beberapa limbah. Limbah adalah sisa proses produksi atau air buangan pabrik.

Pencemaran/polusi sumber-sumber air disebabkan oleh:
  • Limbah industri.
  • Limbah rumah tangga, contoh: deterjen, zat pewarna, kotoran, dll

pengertian pencemaran air, dampak air tercemar, penyebab pencemaran air, kandungan air, arti polutan, keadaan air yang tercemar

Polusi air adalah penyimpangan air dari keadaan normal, bukan dari kemurniannya. Air yang tersebar di alam tidak dalam keadaan murni, tapi bukan berarti semua air telah tercemar. Air hujan mengandung beberapa macam gas, semisal gas karbon Dioksida (CO2). Larut di dalamnya ada debu dan benda-benda kecil lain yang terbawa dari udara.

Air permukaan dan air sumur juga mengandung bahan-bahan metal yang larut di dalamnya, misalnya: zat besi, magnesium, kalsium, dan natrium. Air yang mengandung unsur-unsur tersebut dalam jumlah tinggi disebut Air Sadah. Meskipun air tidak tercemar, tidak selalu merupakan air minum. Air yang mengandung bahan-bahan tertentu yang tidak melebihi batas dapat digunakan secara normal untuk keperluan tertentu seperti mandi, kehidupan hewan air, pengairan, dan industri.

Polutan adalah semua benda yang menyebabkan air tercemar. Polutan air yang merupakan zat padat,misalnya: bangkai hewan dan sampah. Sedangkan polutan yang berupa zat cari, misalnya: minyak tanah, oli, dan limbah pabrik.

pengertian pencemaran air, dampak air tercemar, penyebab pencemaran air, kandungan air, arti polutan, keadaan air yang tercemar

Air yang tercemar akan mengalami perubahan  dari keadaan normalnya. Perubahan itu meliputi: suhu, warna, bau, rasa, dan tingkat kekeruhan. Perubahan tersebut dapat menyebabkan dampak bagi makhluk hidup dan lingkungannya. Serta dapat menimbulkan penyakit seperti sakit perut, sakit pernafasan, dll.

Keseimbangan lingkungan harus kita jaga dengan baik. Caranya dengan tidak membuang sampah dan limbah brbahaya secara sembarangan. Pembuatan sumber air harus berada jauh dari limbah yang dapat mencemarinya. Sebagai contoh adalah pembuatan sumur dan septictank (penampung limbah kotoran manusia). Jarak yang baik antarakeduanya adalah 10-11 meter.

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "Pengertian Dan Contoh Pencemaran Air" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.