Friday, April 24, 2020

Fungsi Dan Bagian Organ Paru-Paru (Lung)

Fungsi Dan Bagian Organ Paru-Paru (Lung).

Manusia memiliki sepasang paru-paru yang terletak di dalam rongga dada di atas diafragma (sekat antara rongga dada dan rongga perut). Paru-paru memiliki tugas utama yaitu mengambil oksigen (02) dari darah dan mengeluarkan karbondioksida ke udara melalui proses pernafasan. Paru-paru terbagi menjadi 2, yaitu:

  1. Paru-paru Kanan. Paru-paru kanan terdiri atas 3 gelambir, yaitu: Gelambir Atas, Gelambir Tengah, Gelambir Bawah.
  2. Paru-paru Kiri.
fungsi organ paru-paru, bagian paru-paru, letak paru-paru, lokasi paru, paru-paru adalah, pengertian paru (lung)

Bagian Paru-Paru.

1. Bronkus.

Bronkus adalah cabang trakea yang terhubung dengan paru-paru kiri dan kanan. Udara yang masuk dan keluar dari paru-paru  melewati bronkus. Bronkus juga disebut memiliki peran untuk mengeluarkan lendir atau dahak yang berperan dalam sistem pertahanan tubuh.

2. Bronkiolus.

Bronkiolus yang merupakan percabangan dari bronkus. Bronkiolus berukuran sangat kecil, seperti rambut, dan jumlahnya banyak. Baik di paru-paru kiri maupun kanan, terdapat hingga 30.000 bronkiolus.

3. Alveoli dan Alveolus.
Alveoli merupakan kumpulan kantung udara yang terletak di ujung Bronkiolus. Masing-masing kantong udara disebut dengan alveolus dan memiliki ukuran yang sangat kecil. Jumlah alveoli sangatlah banyak yaitu sekitar 600 juta buah. Di dalam gugus kantong udara inilah tempat pertukaran gas oksigen (02) dan karbondioksida (C02).

4. Pleura.

Pleura adalah lapisan membran tipis dan licin, berfungsi sebagai pelindung paru-paru. Selaput licin (pleura) inilah yang memungkinkan paru-paru dapat bergerak pada waktu kita bernapas, tanpa menimbulkan kerusakan pada kedua paru-paru tersebut. Pleura memiliki dua lapisan, sehingga saat paru-paru bersentuhan dengan bagian dalam tulang rangka, tidak akan terjadi gesekan.

fungsi organ paru-paru, bagian paru-paru, letak paru-paru, lokasi paru, paru-paru adalah, pengertian paru (lung)

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "Fungsi Dan Bagian Organ Paru-Paru (Lung)" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.