Saturday, September 15, 2012

SUKA-DUKA MENDIRIKAN SINICHI-NET

Assalamu'alaikum

Sekedar berbagi aja tentang suka-duka saya mendirikan warnet SINICHI-NET karena bagi saya pribadi benar-benar membutuhkan perjuangan yang teramat keras. Mungkin ini juga bisa memberikan inspirasi untuk teman-teman semua.

Saya bukanlah orang yang ahli IT ataupun yang banyak tahu tentang IT. Saya cuma seseorang yang suka dengan hal-hal yang berbau komputer, anime, manga, dan game, tapi tidak ada kesempatan untuk belajar khusus atau kuliah di bidang IT. maklumlah kurang dana :p. Untunglah saya punya banyak teman (tentu saja mereka baek hati, jujur, dan tidak sombong....) yang sedang belajar ataupun berkecimpung di dunia IT. Mereka dengan rela dan ikhlasnya mengajari saya dan menjawab semua pertanyaan tentang seputar IT. Merekalah para master dibalik layar berdirinya SINICHI-NET sekarang ini.

Butuh waktu 3 minggu untuk mendirikan mini warnet SINICHI-NET, yah meskipun hanya untuk 7 PC client saja. karena mulai dari belanja peralatan hingga finishing harus saya lakukan sendiri dan saya tidak punya pengalaman sama sekali tentang membangun warnet, juga saya hanya punya sedikit waktu luang karena harus bekerja siang harinya... pokok'e Bondo Nekat (BONEK). Semua yang saya ketahui tentang komputer pada awalnya hanya teori saja.... sekaranglah tantangan utk prakteknya.

Dengan semangat '45 dimulailah pekerjaan 'besar' ini. berikut beberapa cuplikan cerita konyolnya :
    • Ditemani seorang sahabat, butuh waktu hampir 5 jam keliling HITECH mall Surabaya untuk mencari PC yang cocok buat warnet, harap maklum karena sulit sekali mencari PC 'maksimalis' dengan dana 'minimalis'. Beda donk kalau dengan dana 'maksimalis', tinggal tunjuk ini-itu... hahahaha
    • Untuk proses meng-krimping kabel LAN, saya menghabiskan 35 konektor RJ-45 padahal hanya butuh 8 pasang saja (T.T)
    • Harus begadang sampai jam 2-3 malam setiap hari berturut-turut selama hampir 3 minggu.
    • Bolak-balik Install ulang Windows karena beberapa kali error saat penginstallan software-software tambahan... usut punya usut ternyata hardisk external yang aku gunakan terinfeksi virus.
    • Selama 3 hari bingung kenapa 2 PC kok sering bergantian putus-nyambung koneksinya, eeehh ternyata memiliki IP yang sama. Saya keliru memasukkan IP-nya.
    Sebenarnya banyak sekali kejadian-kejadian konyol selama proses pembangunannya tapi kita skip aja deh. 

    Akhirnya SINICHI_NET bisa berjalan... eiits.. jangan kira tidak ada kendala. Saya banyak sekali terima komplain dari para customer. Misalnya tidak bisa memutar video dari YouTube dan bermain game di Facebook. Mengapa? Karena Flash Player-nya belum saya install... Tidak bisa download video dari YouTube lewat Keepvid karena Java-nya juga belum terinstall hehehe... dan banyak komplain lainnya...

    Menyerah? tentu saja tidak.. bukankah guru terbaik adalah pengalaman? dari kesalahan kita mendapat pengetahuan lebih.. betul??

    Nah cerita saya di atas mungkin bisa jadi bahan renungan kita bahwa kita jangan pernah takut untuk mencoba dan terjatuh.. apapun yang akan anda coba lakukan, tetaplah semangat dan terus berusaha.. Insyaalah kalian bisa :)

    Wassalamu'alaikum

    Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "SUKA-DUKA MENDIRIKAN SINICHI-NET" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.