Thursday, December 27, 2012

MENGGANTI HOSTNAME DI LINUX MINT 10 JULIA



Mengganti hostname (nama komputer) di OS Windows sih mudah, lalu bagaimana mengganti hostname di OS Linux Mint 10? Berikut caranya..

mengganti nama komputer linux mint 10 julia
Linux Mint 10 Julia



  • Masuk ke Menu ==> Terminal. Anda harus menggunakan account Administrator



  • mengganti nama komputer linux mint 10 julia

    • Kemudian ketik command berikut : "sudo gedit /etc/hostname" (tanpa tanda petik)

    Anda akan diminta untuk memasukkan password administrator anda. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut dialog box hostname. Ganti nama komputer lama anda dengan nama komputer baru yang anda inginkan (posisi lihat tanda panah). Setelah itu pilih opsi File ==> Save, dan tutup dialog box hostname.

    mengganti nama komputer linux mint 10 julia

    • Kembali ke terminal dan ketik command berikut : "sudo gedit /etc/hosts" (tanpa tanda petik)

    Kemudian akan muncul dialog box hosts. Ganti nama-nama komputer (hostname) yang lama dengan nama komputer baru yang anda inginkan (posisi lihat tanda panah). Harus sesuai dengan nama komputer yang anda gunakan pada cara sebelumnya. Setelah itu pilih opsi File ==> Save, dan tutup dialog box hosts.


    mengganti nama komputer linux mint 10 julia

    • Restart komputer anda

    Cara diatas sudah saya coba dan berhasil. Namun jika pada kasus anda cara yang saya sarankan tidak berhasil, anda bisa seaching di GOOGLE untuk mengetahui cara-cara lainnya atau anda bisa bertanya di forum-forum Linux.

    Artikel terkait :


    Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "MENGGANTI HOSTNAME DI LINUX MINT 10 JULIA" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.