Tuesday, May 24, 2016

BELAJAR NGEBLOG (LAGI) DARI PANDUANIM.COM (DARMAWAN)

Tags
Dalam kurun waktu pertengahan 2015 hingga Mei 2016 ini bisa dibilang masa-masa vakum blog Sinichinet. Apa penyebabnya? tentu saja alasan klasik yang biasa diutarakan admin blogger wannabe seperti saya.. "kesibukan di dunia nyata yang tidak bisa diganggu gugat". Yaaa walaupun memang itu alasan sebenarnya dan tidak dibuat-buat, seperti pekerjaan yang menumpuk, kelahiran buah hati tercinta, dan sebagainya.

Karena kekosongan itulah sampai-sampai admin tidak mengertahui ada perubahan besar-besaran dari Google mengenai perubahan domain blogspot dari blogspot.com ke blogspot.co.id (Indonesia). Juga mungkin ada perubahan-perubahan besar lainnya yang mungkin tidak diketahui oleh admin.

Jujur saja, perubahan besar dari Google ini sedikit banyak membuat admin khawatir. Harap maklum karena admin adalah Blogger End User yang tidak paham mengenai "daleman" suatu blog atau mungkin banyak yang disebut oleh master blog sebagai SEO blog. Admin khawatir bahwa aturan SEO dari Google juga ikut berubah.. atau apalah istilah teknisnya, admin sendiri tidak begitu paham.

Dulu waktu awal-awal ngeblog, admin banyak mencari referensi teknik SEO blog dari berbagai blog para master. Apa yang para master jelaskan langsung saja admin terapkan. Apa tujuannya? Tentu saja agar blog bisa muncul di halaman 10 besar Google atau search engine lainnya, tidak berani berharap halaman 1.. seperti mimpi disiang bolong. Blogger mana sih yang tidak ingin blognya dikunjungi dan artikelnya dibaca orang.
seo blog, blogger, pemula, tutorial blog terbaru, tutorial terupdate 2016, tips, trik

Karena kekhawatiran admin bahwa teknik SEO yang dilakukan admin sudah kadaluarsa, akhirnya admin berusaha mencari referensi teknik SEO terupdate. Cari punya cari, admin mendapatkan sebuah blog yang penuh dengan panduan-panduan terupdate seputar SEO blog. Yup... blognya mas Darmawan PanduanIM.com.

Di blog PanduanIM, anda akan mendapatkan penjelasan segala sesuatu tentang ngeblog secara lengkap. Penjelasannya detail dan banyak diselipkan contoh kasus. Jangankan blogger pemula, blogger senior pun bisa mendapatkan "pencerahan" jika mampir ke blog PanduanIM.

Hingga artikel ini diturunkan, admin masih belajar (lagi) dan mengubek-ubek artikel di blog PanduanIM.

Tak perlu penjelasan panjang lebar lagi, silahkan berkunjung ke blog mas Darmawan tersebut. Semoga bermanfaat.

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "BELAJAR NGEBLOG (LAGI) DARI PANDUANIM.COM (DARMAWAN)" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.