Friday, October 17, 2014

SMS PENIPUAN MASIH MARAK

Assalamu'alaikum

Walaupun bisa dibilang masalah klasik, namun SMS penipuan masih banyak bergentayangan. Para penipu tersebut gencar sekali mengirimkan SMS-SMS penipuan mereka kepada para pengguna telepon seluler.

Bagi penerima SMS yang sudah mengetahui bahwa ini hanya merupakan modus penipuan sepertinya tidak akan menjadi masalah. Namun tidak dipungkiri juga masih banyak masyarakat yang belum mengetahui modus ini juga sehingga akan menelan mentah-mentah tipuan itu.

Modus yang dipakai para penipu beragam semisal :
  • Mama minta pulsa.
  • Sisa pembayaran kontrakan rumah.
  • Sisa pembayaran barang.
  • Registrasi ulang kartu SIM HP.
  • Informasi lowongan kerja.
  • Hingga yang paling mudah yaitu pengumuman pemenang undian, dll


sms penipuan, mama minta pulsa, pemenang undian, indosat, sms menjengkelkan, modus penipuan sms, sms

Pada contoh diatas, bagi saya pribadi setidaknya ada 2 kejanggalan. Pertama, saya bukanlah nasabah BRI. Dan yang kedua adalah tidak mungkin bank besar sekelas BRI menggunakan domain gratisan.


sms penipuan, mama minta pulsa, pemenang undian, indosat, sms menjengkelkan, modus penipuan sms, sms

Yang perlu diperhatikan apabila anda menerima SMS tidak jelas yang disinyalir penipuan adalah :
  • Nomer pengirim SMS. Perusahaan-perusahaan besar tidak mungkin menggunakan nomer biasa / umum. Mereka pasti akan menggunakan nomer khusus.
  • Keikutsertaan anda dalam program yang mereka sebutkan. Seperti yang anda lihat pada 2 contoh screenshot diatas. Apakah anda adalah nasabah BRI atau bukan, apakah anda mengikuti salah satu program undian INDOFOOD atau tidak.
  • Periksa alamat Web penyelenggara. Perusahaan besar penyelanggara tidak akan menggunakan domain gratisan (jika anda belum paham artinya domain gratisan silahkan cari pengertiannya di internet atau bertanya kepada mereka yang paham). Atau lebih mudahnya gunakan cara ini saja.. Seumpama anda mendapat SMS pemenang undian POP MIE seperti diatas, anda cek alamat web yang diberikan dan samakan dengan yang ada di bungkus POP MIE. Jika alamat webnya tidak sama berarti itu penipuan.
  • Cek ulang keadaan yang sebenarnya. Semisal anda menerima SMS kabar keluarga anda mengalami kecelakaan dan diminta mengirimkan sejumlah uang, jangan serta merta anda mempercayainya dan langsung mentransfer uang tersebut atau menelepon nomer pengirim SMS. Lebih baik anda segera menelepon keluarga anda yang lainnya terlebih dahulu untuk memastikan kebenarannya. Atau anda menghubungi langsung nomer rumah sakit yang disebut dan cari infonya.
  • Jangan mengirimkan informasi berharga. Jika anda menerima SMS yang meminta anda mengirimkan identitas pribadi, jangan sekali-kali anda mudah menurutinya dan melakukannya. Contoh SMS penipuan jenis itu adalah "registrasi ulang kartu SIM" dan info lowongan kerja. Disinyalir masih banyak modus penipuan lainnya selain 2 contoh didepan yang mengharuskan anda mengirimkan data pribadi.
Semoga sharing tentang SMS penipuan ini bisa membantu anda sekalian agar terhindar dari percobaan penipuan.

#sruput kopi

Wassalamu'alaikum

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "SMS PENIPUAN MASIH MARAK" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.