Tuesday, February 11, 2014

PERMAINAN KARTU PLAY AND LEARN

Assalamu'alaikum

Semalam saat menjaga warnet, tiba-tiba saya mendengar suara Sinichi dan Ibunya tertawa dari dalam kamar. Sempat heran juga sih nggak ada angin nggak ada hujan kok ujug-ujug dengar tertawaan ngakak.

Lalu terdengar lagi suara Sinichi teriak-teriak trus tertawa.. Ooo ternyata mereka berdua lagi maenan bareng. Senang juga sih lihat anak dan ibu bisa kompak seperti itu. Ketika ibuk'e Sinichi keluar kamar karena ada urusan, saya mendengar Sinichi seperti menghapal sesuatu..

"delapan kali delapan.. enam empat"...
"tujuh kali dua.. empat belas"...
"tujuh kali tiga.. dua dua eh salah dua satu"...
"Hore !! aku hapal.."

Hah!? sejak kapan Sinichi belajar perkalian? Karena penasaran, akhirnya saya masuk ke kamar. Oalah ternyata mereka tadi maen tebak-tebakan bahasa Inggris dan hasil perkalian. Mereka bermain menggunakan suatu alat dan beberapa kartu yang terdapat tulisan dan gambar di dalamnya. Karena saya tidak tau nama alat ini jadinya saya sebut saja PERMAINAN KARTU PLAY & LEARN. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada foto di bawah ini.

belajar, media belajar, anak-anak, matematika, bahasa inggris, permainan

Begitu Sinichi melihat saya masuk kamar, dia langsung menantang saya maen tebakan hasil perkalian dan bahasa Inggris. Awalnya saya hendak menolak tapi karena takut membuat dia kecewa ya akhirnya saya ladenin juga. Dan bisa ditebak siapa yang menang hehehehe.. maaf, saya tidak suka gampang mengalah agar Sinichi tidak menjadi sombong dan gampang merasa puas. Dan benar juga, Sinichi ingin menantang ulang saya besok setelah dia berhasil menghapal perkaliannya.


belajar, media belajar, anak-anak, matematika, bahasa inggris, permainan

belajar, media belajar, anak-anak, matematika, bahasa inggris, permainan


Sebenarnya sempat bimbang juga, masa anak sekecil itu sudah harus menghapal perkalian. Tapi setelah berbicara dengan ibunya, kami berdua sepakat untuk "mengijinkan" Sinichi melakukannya. Toh yang meminta adalah Sinichi sendiri, bukan kita yang memaksanya. Saya dan ibunya tinggal membantu memberi semangat, dorongan, dan bimbingan saja. Kalau nanti dia ingin "berhenti" ya kita tidak akan memarahinya karena memang belum waktunya dia belajar perkalian.

belajar, media belajar, anak-anak, matematika, bahasa inggris, permainan

belajar, media belajar, anak-anak, matematika, bahasa inggris, permainan

Permainan ini dibelikan kakeknya di sebuah bis saat beliau dalam perjalanan pulang dari Jombang. Harganya pun cukup murah.. hanya Rp. 5000 saja. Cara bermainnya juga sangat mudah. Tinggal masukkan kartu yang diinginkan ke dalam slot, maka akan terlihat object yang akan dijadikan soal sedangkan jawabannya tertutup sebuah tombol. Jika ingin melihat jawabannya, tinggal menggeser tombol itu keatas.

Media belajar memang tidak melulu harus yang berharga mahal. Yang penting bisa mengolah kekreatifan, daya imajinasi, dan tentu saja juga sebagai sarana bermain anak. Peran orang tua juga sangat berpengaruh dalam proses tersebut.

Oiya, meskipun sebenarnya alat ini untuk anak-anak, tapi jika ada om-om dan tante-tante yang mau mencoba juga nggak apa-apa kok

#sruput kopi

Wassalamu'alaikum

Bekerja sebagai Technical Support IT di sebuah Perusahaan Offset Printing and Packaging, sekaligus menyukai hobi blogging. Semoga artikel "PERMAINAN KARTU PLAY AND LEARN" yang SINICHINET sajikan bisa bermanfaat bagi anda semua. 1 SHARE dari anda sangat berarti bagi kami.